Mengenai Saya

Foto Saya
Surabaya, Jatim, Indonesia
maju terus untuk teknologi dan ilmu pengetahuan

Kamis, 29 Desember 2011

KUPON UNDIAN TIPU-TIPU PT.SINARMAS GROUP


Penipuan dengan modus kupon berhadiah semakin agresif! Kalau tadinya kupon hadiah tipu-tipu ini hanya kita temukan dalam kemasan produk (kopi, snack, deterjen dll), sekarang kupon tersebut malah diantar ke rumah-rumah seperti brosur promo.

Tadi pagi saya nemu kupon berhadiah di depan rumah. Tergeletak persis di luar pagar, seolah-olah tercecer, padahal tau banget itu sengaja ditaruh di situ. Kuponnya masih bersampul plastik rapi. Begitu dibuka, seperti biasa, isinya adalah kupon kecil yang menyatakan:

Selamat!!! Anda mendapatkan hadiah utama 1 unit mobil Nissan March

Kupon tersebut adalah untuk program “Tarik Tissuenya, Asyik Hadiahnya” yang diselenggarakan PT. Sinarmas Group, produsen tissue Paseo, Nice, Jolly dan Toply.

Bersama dengan kupon, disertakan dua lembar kertas kecil. Kertas pertama berupa ‘Surat Keterangan Kepolisan’ yang berisi pernyataan bahwa kepolisian siap memberikan sanksi atau hukuman sesuai hukum yang berlaku bila terjadi kerugian dari pihak pemenang dalam pengurusan pemenang. Ada tanda tangan Kapolda Metro Jaya segala; Drs. Wisnu Andayana S.Ik. Macam betol aja!

Lembar kertas kedua berupa ‘Surat Pemberitahuan Pemenang’. Di situ tertera syarat dan ketentuan pengambilan hadiah. Kita disuruh menghubungi nomor 021 4000 8822 atau 082125831777 untuk konfirmasi hadiah. Dijelaskan pula bahwa pajak hadiah Mobil Nissan March tersebut, yakni sebesar Rp. 41.750.000, ditanggung oleh penyelenggara. Kita hanya perlu membayar Biaya Balik Nama yang harus dibayar sebelum hadiah dikirim. Besarnya berapa? Telepon dulu ke nomor di atas…

Alhamdulillah yah, zaman udah modern. Saya tinggal cari informasi di internet; Buka facebook, trus like fanpage-nya Paseo Tissue. Ternyata oh ternyata di fb-nya Paseo Tisue tersebut sudah banyak aduan tentang penipuan yang mengatasnamakan PT Sinarmas Group. Fiuh, syukurlah..

Dijelaskan pula di fanpage tersebut bahwa nomor hotline promo “Tarik Tissuenya, Asyik Hadiahnya” adalah (021)578-53665, bukan 021 4000 8822 atau 082125831777. Dan beberapa penjelasan lain yang mencerahkan konsumen. Selengkapnya klik aja link ini.

Btw, sebenarnya tanpa cek di facebook pun, saya bisa dengan mudah menebak ini penipuan berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut:
1. Kupon dicetak dengan kualitas rendah. Keliatan bangetnya nyetaknya make printer tinta suntik murahan dan kertas A4 70 gram :P
2. No. telepon yang diberikan adalah nomor hp, padahal hampir mustahil sebuah perusahaan nasional mencantumkan no. hp untuk dihubungi pelanggannya.

Gitu deh. Kalau masih ada aja yang ketipu, kebangetan..

Punya pengalaman yang lebih seru?

3 komentar:

Anand Aza Gin mengatakan...

WASPADA PENIPUAN SEPERTI INI


Hari ini , Kamis 22 Juni 2012 , didepan pintu rumah di Komp. Buana Asri Sei Ulin Banjarbaru (Kalsel) sy temukan bungkusan kecil plastik yg disegel , Didalamnya terdapat
1 lbr Surat keterangan (berwarna kuning) dari Kepolisian Metro Jaya (pasti palsu) yg seakan2 ditandatangani oleh Kapolda Metro Jaya Drs. Wisnu Andayana. Disamping nama jg dilampirkan pas fhoto Kapolda Metro Jaya

1 lbr Surat Pemberitahuan Pemenang (pasti palsu jg) dari PT. ABC President yg memproduksi NU Green Tea

1 bh kupon yg bertuliskan "Selamat Anda Mendapatkan Hadiah Utama Mobil Nissan Juke

Bungkusan kecil tsb pasti diletakkan oleh penipu tsb dg cara dilemparkan ke tepat didepan pintu rumah sy. krn pd wktu itu pintu pagar dlm keadaan terkunci.

Memang BLO'ON calon penipu ini tidak sadar bahwa trik penipuan spt ini sudah Jadul , krn puluhan tahun yg lalu modus spt ini sdh ad

Dq Zn mengatakan...

Sama sy juga dapat, di halaman rumah saya wilayah Intansari Banjarbaru. Makin banyak modus penipuan yang terjadi, semoga pihak aparat keamanan mengusut tuntas, kasihan orang yang tertipu..

sarbatun mengatakan...

Saya juga nemu kupon berhadiah Sinarmas di depan rumah. Begitu dibuka, isinya adalah kupon kecil yang menyatakan:

Selamat!!! Anda mendapatkan hadiah utama 1 unit mobil Nissan March

Kupon tersebut juga untuk program “Tarik Tissuenya, Asyik Hadiahnya” yang diselenggarakan PT. Sinarmas Group.

10 November 2012,sd